Senin, 25 Mei 2020

Analisa Efisiensi Belajar: Menggunakan Beberapa Jenis Lampu

Analisa Efisiensi Belajar: Menggunakan Beberapa Jenis Lampu

Belajar adalah kewajiban bagi para pelajar, banyak sekali hal-hal atau aspek yang mempengaruhi optimal atau tidaknya belajar.

Salah satu aspek penting yang mempengaruhi adalah pencahayaan atau penerangan, jika cahaya yang redup pada ruang belajar membuat penglihatan pada mata lambat laun dapat berkurang dan mengantuk.

Apabila lampu terlalu terang, maka dapat membuat konsentrasi belajar menjadi berkurang dan membuat mata mudah kelelahan.

Standar pencahayaan pada ruang belajar adalah sebesar 240 Lux.

Analisa

Analisa efisiensi belajar dilakukan dengan dua cara, yaitu pada ruangan dengan ukuran panjang 3 m dan lebar 3m (3x3) dan menggunakan lampu belajar dengan jarak antara lampu dengan buku atau bidang kerja 45cm. Analisa pencahayaan ini dapat dianalisa atau diukur dengan menggunakan alat Lux Meter dan perhitungan manual. Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui jenis, watt dan merek lampu manakah yang paling efisien untuk belajar.

Metode yang digunakan adalah dimulai dari:
  • Pengumpulan data dan informasi,
  • Membeli bahan,
  • Melakukan pengukuran Lux cahaya menggunakan Lux Meter,
  • Melakukan perhitungan manual,
  • Membuat perbandingan dan kesimpulan.

Metode

Rancangan Penelitian

Perancangan penelitian dan pembuatan laporan ini menggunakan beberapa metode, antara lain:

1.) Studi Literatur

Studi literatur adalah proses mencari informasi atau referensi dan pengumpulan data yang berkaitan dengan judul penelitian dengan cara menelusuri sumber yang pernah membuat data serupa.

2) Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah mengambil, mengamati dan mengumpulkan data yang diperlukan untuk diteliti, yaitu meliputi hasil yang keluar dari alat ukur Lux meter.

3) Analisa Data

Analisa data adalah suatu cara mengolah data menjadi informasi sehingga data tersebut bisa dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, terutama masalah yang berkaitan dengan penelitian.

4) Pengujian dan Pembahasan

Pengujian dan pembahasan adalah suatu kegiatan yang digunakan untuk melakukan penelitian dengan cara melakukan pengukuran menggunakan alat ukur Lux meter maupun perhitungan secara manual. Hasil dari pengujian digunakan untuk pembahasan dan pengumpulan kesimpulan.

Peralatan Penelitian

Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain:
  • Lampu,
  • Lux Meter,
  • Lampu belajar,
  • Meja belajar.

Hasil Penelitian

Penelitian analisa efektifitas belajar menggunakan lampu TL, LHE, Pijar dan LED menggunakan alat Lux Meter adalah menganalisa manakah diantara jenis lampu tersebut dengan merek yang berbeda dan besar watt yang berbeda beda pula di ukur satu persatu menggunakan Lux Meter dan di cari manakah diantara lampu tersebut yang hasil Lux nya paling mendekati Lux standart yang dibutuhkan untuk belajar yaitu 240 Lux. Hasil pengukuran dari alat ukur Lux meter ini akan dibandingkan dengan perhitungan manual.

Analisa Lampu menggunakan Alat Ukur Lux Meter

Analisa dilakukan pada semua jenis lampu menggunakan alat ukur Lux Meter maupun dengan cara perhitungan manual pada ruangan 3x3 maupun menggunakan meja belajar.

Hasil yang didapat dari analisa tersebut adalah sebagai berikut:

#1. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu TL pada ruangan dengan ukuran panjang 3 m dan lebar 3 m dapat dilihat pada tabel 1.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu TL Dop 20 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 32 Lux. 

Tabel 1. Report Hasil Analisa Lampu TL pada Ruangan 3 x 3

Daya Lux Lampu TL
Philips Dop
10 watt 10 10
15 watt 18 24
20 watt 23 32

#2. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu LHE pada ruangan dengan ukuran panjang 3m dan lebar 3m dapat dilihat pada tabel 2.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu LHE Philips 20 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 46 Lux.

Tabel 2. Report Hasil Analisa Lampu LHE pada Ruangan 3 x 3

Daya Lux Lampu LHE
Philips Dop
11 watt 11 16
15 watt 31 23
20 watt 46 36

#3. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu LHE pada ruangan dengan ukuran panjang 3m dan lebar 3m dapat dilihat pada tabel 3.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu Pijar ber merek Philips 40 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 9 Lux. 

Daya Lux Lampu Pijar
Philips Dop
15 watt 2 2
25 watt 4 4
40 watt 9 8

#4. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu LED pada ruangan dengan ukuran panjang 3m dan lebar 3m dapat dilihat pada tabel 4.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu Pijar ber merek Philips 9 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 24 Lux. Analisa lampu LED ini hanya bertujuan untuk perbandingan saja.

Tabel 4. Report Hasil Analisa Lampu LED pada Ruangan 3x3
Daya Lux Lampu LED
Philips Lucerna
9 watt 24 14

Dari semua analisa di atas maka di dapat disimpulkan bahwa di antara semua jenis lampu antara merek Philips dengan Dop dan besar watt yang berbeda-beda.

Kami kemudian memperoleh hasil bahwa lampu dengan merek Philips dengan besar watt 20W dan jenis lampu LHE lah yang paling besar Lux lampunya di bandingkan dengan yang lain.

Lux standart untuk ruang belajar adalah sebesar 240 Lux.

#5. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu TL pada ruangan menggunakan lampu belajar dapat dilihat pada tabel 5.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu TL philips 20 watt lah yang sangat baik dengan Lux cahayanya yaitu sebesar 241 Lux. Kelebihan 1 Lux dari standart Lux untuk belajar yaitu 240 Lux.

Tabel 5. Report Hasil Analisa Lampu TL pada Ruangan Menggunakan Lampu Belajar
Daya Lux Lampu TL
Philips Dop
10 watt 241 219
15 watt 448 460
20 watt 580 567

#6. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu LHE pada ruangan menggunakan lampu belajar dapat dilihat pada tabel 6.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu LHE philips 20 watt lah yang sangat baik dengan Lux cahayanya yaitu sebesar 204 Lux.

Tabel 6. Report Hasil Analisa Lampu LHE pada Ruangan Menggunakan Lampu Belajar
Daya Lux Lampu TL
Philips Dop
11 watt 77 81
15 watt 106 179
20 watt 204 265

#7. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu Pijar pada ruangan menggunakan lampu belajar dapat dilihat pada tabel 7.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu Pijar Dop 40 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 98 Lux. 

Daya Lux Lampu Pijar
Philips Dop
15 watt 28 31
25 watt 48 62
40 watt 92 98

#8. Hasil analisa yang dilakukan pada lampu LED pada ruangan menggunakan lampu belajar dapat dilihat pada tabel 8.

Berdasarkan hasil analisa tersebut maka didapat hasil bahwa lampu LED philips 9 watt lah yang paling tinggi Lux cahayanya yaitu sebesar 204 Lux.

Tabel 8. Report Hasil Analisa Lampu LED pada Ruangan Menggunakan Lampu Belajar

Daya Lux Lampu Pijar
Philips Dop
9 watt 156 132

Kesimpulan

Hasil kesimpulan berdasarkan analisa efisiensi belajar ini ada dua macam, yaitu pada ruangan dan menggunakan lampu belajar.

Hasil analisa belajar yang paling efektif pada ruangan dengan ukuran panjang 3m dan lebar 3m (3x3) adalah dengan menggunakan jenis lampu LHE 20 Watt dengan merek Philips, yaitu sebesar 46 Lux, sedangkan analisa yang paling efektif menggunakan lampu belajar adalah dengan menggunakan jenis lampu TL 10 Watt dengan merek Philips yaitu sebesar 241 Lux.

DAFTAR PUSTAKA

  • Burke, Christine. Kyone, Khin. Lee, Sophia. 1991. A study present lighting system and the development of a more optional method of lighting for the university of waterloo, Engineering 2 rooms 1303A and 1303B, in economic and ergonomic terms.
  • Jackie, Lanum. 1978. The damaging effects of light on the retina. Empirical findings, theoretical 13 and practical implications.
  • Gallagher, V. Koth, B. Freedman. 1975. The Specification Of Street Lighting Needs. FHWA-RD-   76- 17 Final Rpt.
  • Canazei, Markus. Bartenbach. Aldrans. Dehoff, Peter. 2013. Effect of changing room light on the productivity of permanent morning shift workers at industrial. ISBN 978-3-902940-18-6
  • Byrom. Elizabeth. Bingham. Margaret. 2001. Factors Influencing the Effective Use of Technology for Teaching and Learning: Lessons Learned from the SEIR-TEC Intensive Site Schools. 2nd Edition.


EmoticonEmoticon